Saturday, February 12, 2011

Hitung Perataan/Adjustment Computation

Kagum gua sama ilmu yang satu ini. Saking kagumnya ampe ngambil 3 kali. Ni ilmu menurut gua adalah ilmu paling filosofis selama gua kuliah di jurusan Geodesi dan Geomatika.

Ni beberapa kalimat yang gua anggap paling filosofis. Dan tentunya inspiratif. Sekali lagi bagi gua ya.

1. Tidak ada ukuran yang pasti

Yang ada cuma dianggap benar. Ni kalimat ultimate banget buat nunjukin kalo tuhan tuh ada, dan cuma dia yang paling sempurna. Dan mang pada praktiknya kalo kita ngambil data atau apapun, pasti ga pernah dapet nilai yang bener-bener sempurna. Nah sampe situ keliatan betapa lemah dan kecilnya kita.

2. Setiap ukuran haruslah presisi dan akurat

presisi =  konsisten

akurat = tepat, benar, bersahaja (loh?)

dua hal di atas yang jadi prinsip dalam mengukur, adalah kunci untuk meraih kesuksesan

Pertama, lo harus konsisten, jangan munafik, jangan plinplan. Jalani hidup dengan tekun dan ulet. Dan sepengetahuan gua, semua orang sukses bisa sukses bukan karena kejeniusan otaknya (jujur gua anggep otak semua orang sama, ga ada yang lebih jenius dari yang lain) tapi karena ketekunan dan keuletannya.

Kedua, ya lo harus bener. Bener niatnya, bener cara melakukannya, ya minimal mendekati yang bener lah. The trick question is sesuai dengan kalimat pertama, bahwa ga ada hal yang dianggap benar atau pasti. Nah gimana kita tau hal yang bener? Look inside your heart, and you’ll find the answer. I guess.

3. Uji statistik

Dari materi ini gua cuma ngambil satu kalimat penting. Argumen lo ga ada yang bener. Tapi ga ada cukup bukti buat nolak argumen lo. Yah, jadi sampe lo bisa dibuktiin bersalah, ya lo ga salah. Tapi bukan berarti lo bener. Bingung yah?

Dan selama gua belajar hitung perataan, argumen lo bakal diuji sedimikian rupa secara statistik. Dan hal yang unik dari statistik adalah, ‘statistik tidak absolut, tapi itulah faktanya.’ jadi ya kalo mo uji sebuah argumen ya harus pake fakta. Jangan menjudge kalo ga ada faktanya.


Nah 3 kalimat di atas menurut gua sih paling filosofis dan inspiratif. Sebetulnya banyak sih hal-hal lain dari hitung perataan yang sangat filosofis. Kayak ukuran lebih, distribusi data, least square, dan banyak deh.

Yah mungkin 3 kali ngambil kuliah ini lom cukup untuk ngerti makna terselubung dari materi-materi yang disampein. Masih harus belajar lagi.

3 comments:

  1. mempersingkat isi buku bud
    kayaknya obsesi jadi dosen

    ReplyDelete
  2. ga obsesi det, cuma salah satu tujuan aja...

    ReplyDelete
  3. bagus nih. selanjutnya tinggal implementasi dalam bentuk matematis nya; walaupun ini teknis kadang2 cukup penting jg karena bagaimanapun bentuk matematis melambangkan keadaan sebenarnya. Misalnya, untuk presisi, diwakilkan oleh nilai apa dalam statistik.

    ReplyDelete